Senin, 30 Januari 2012

"Pssttt Jangan Bilang Siapa-Siapa!" ( K vs K ), movie 2012

Ini dia project film gue yang kedua: K VS K (Kita Versus Korupsi). September 2011 lalu, gue ditawarin Ilun (Chairun Nisa) untuk gabung dalam project ini bareng rumah produksi Cangkir Kopi. Di sini kita mencoba mengangkat "lawan korupsi" sebagai tema besarnya. Karena kebetulan ini adalah project yang ditawarkan oleh KPK.

Sebenernya gue agak buta dengan urusan korupsi yang ada di Indonesia. Tapi dengan kebutaan gue ini justru menguntungkan gue untuk bisa membuat cerita ini. Apalagi setelah gue mengikuti workshop yang diadain pihak KPK dan TII. Saat workshop, banyak hal yang gue dapet sebagai bekal gue untuk bisa memahami lebih dalam masalah korupsi yang terjadi di Indonesia.


Kebetulan Ilun sebagai sutradara, emang mau mengangkat cerita yang sederhana bersettingkan anak sekolahan. Menurut pengalaman Ilun, praktek korupsi ngga cuma ada di dunia politik, melainkan juga ada di dunia anak-anak muda. Dia dulu pernah disuruh gurunya untuk jualan buku yang harganya lebih mahal dari aslinya dengan iming-iming nilai yang bagus. Nah, dari sini gue pun mencoba mengembangkan sekelumit ide ini dengan apa yang gue dapet dari workshop waktu itu. Dan jadilah cerita "Pssttt, Jangan Bilang Siapa-Siapa!" ini :)


Sinopsis: Olla membeli buku pada Echi dengan harga yang cukup mahal. Gita pun jadi penasaran, kenapa harga buku yang dijual Echi lebih mahal dari pada yang dijual di toko buku. Gita lalu iseng-iseng nanya tentang asal muasal harga buku tersebut. Tak diduga hasil iseng-iseng tersebut malah membongkar adanya praktek korupsi beruntun yang dilakukan oleh banyak pihak.

---

Praktek korupsi ternyata sangat kental di masyarakat. Sadar atau tidak sadar, praktek ini sepertinya sudah sangat lumrah di mata orang-orang awam. Olla dan Echi adalah korbannya. Sebagai generasi bangsa, ternyata mereka sudah terbiasa melakukan penggelembungan uang demi mendapatkan keuntungan untuk diri mereka sendiri. Korupsi kecil ini mereka lakukan karena mereka meniru apa yang dilakukan generasi sebelumnya. Nah, bagaimana seharusnya kita menanggapi hal ini?

Selain film "Pssttt, Jangan Bilang Siapa-Siapa!", ada 3 film lain dengan 3 sutradara yang berbeda. Ada "Rumah Perkara" sutradara Emil Heradi, "Aku Padamu" sutradara Lasja F. Susatyo, dan "Selamat siang, Risa!" sutradara Ine Febrianti. Ketiga film lainnya ngga kalah menariknya. Apalagi film-film ini didukung oleh bintang-bintang yang cukup tenar. Ada Nicolas Saputra, Revalina S. Temat, Verdi Solaiman, Tora Sudiro, Ence Bagus, Ringgo Agus, dll. 4 Film ini digabung jadi satu dengan judul "K Vs K" (Omnibus).

Film ini diputar perdana secara terbatas pada tanggal 26 Januari 2012 di Djakarta Theater. Banyak pers, sineas, aktivis anti korupsi dan orang-orang KPK sendiri yang menonton film ini. Sejauh ini film K Vs K ini mendapat sambutan baik bagi siapa pun yang pernah menontonnya.
Sayangnya film ini dibuat untuk keperluan non komersil sehingga tidak diputar di seluruh bioskop Indonesia. Tapi yang penasaran, jangan khawatir. Karena film K Vs K ini bakal diputer secara roadshow. Yang gue denger kota pertama yang bakal dikunjungi adalah kota Makassar dan Semarang. Tapi untuk lebih lanjutnya coba follow aja twitter: @bersihindonesia untuk info lebih lanjut. Dalam waktu dekat ini film "K Vs K" bakal diputer di Kineforum (Taman Ismail Marzuki) pada tanggal 13 - 18 Februari 2012 pkl 17.00 WIB. Gratis lho... ^_^


Lebih senengnya lagi, orang-orang yang terlibat dalam film gue ini adalah temen-temen gue sendiri. Ada Marsel, Asih, Pesa, Sutan, Meti, Cika, Dipo, Yunus, Ical, dll... Hahaha.. Dulu sempet berharap setelah lulus dari kuliah gue pengen bikin film bareng mereka lagi. Dan akhirnya terkabul juga :D

Tim Produksi

Produser Eksekutif
BUSYRO MUQODDAS
JUHANNI GROSSMANN
TETEN MASDUKI

Produser
M. ABDUH AZIZ

Produser Kreatif
PRIMA RUSDI

Penanggung Jawab Proyek
DEDIE A. RACHIM
ARY NUGROHO
ILHAM B. SAENONG

Supervisi Penyunting Gambar
SASTHA SUNU

Supervisi Tata Suara
WAHYU TRI PURNOMO

Produser Pelaksana
ICANG S TISNAMIHARJA

Koordinator Produksi
AGE A. MAULANA

Art Director/Graphic Designer
RANGGA SASTROWARDOYO

Musik untuk Title
EFEK RUMAH KACA

Sutradara
EMIL HERADI (RUMAH PERKARA)
LASJA F. SUSATYO (AKU PADAMU)
INE FEBRIYANTI (SELAMAT SIANG, RISA!)
CHAIRUN NISSA (PSSSTTT... JANGAN BILANG SIAPA-SIAPA)

Penata Sinematografi
ANGGI FRISCA (RUMAH PERKARA)
ICAL TANJUNG (AKU PADAMU)
IPUNG RACHMAT SYAIFUL (SELAMAT SIANG, RISA!)
YUNUS PATAWARI (PSSSTTT... JANGAN BILANG SIAPA-SIAPA)


Penulis Skenario
MOHAMAD ARIANSYAH & DAMAS CENDIKIA (RUMAH PERKARA)
SINAR AYU MASSIE (AKU PADAMU)
INE FEBRIYANTI & GUNAWAN RAHARJA (SELAMAT SIANG, RISA!)
JAZZY MARISKA USMAN (PSSSTTT... JANGAN BILANG SIAPA-SIAPA) ^_^

Pemain
TEUKU RIFNU WIKANA, RANGGANI PUSPANDYA, NICHOLAS SAPUTRA, REVALINA S. TEMAT, RINGGO AGUS RAHMAN, TORA SUDIRO, DOMINIQUE AGISCA DIYOSE, INE FEBRIYANTI, ALEXANDRA NATASHA, SISKA SELVI DAWSEN, NASHA ABIGAIL

NEWS:

BLOG Rumahbaca-zhaffa: Film Kita Versus Korupsi

Beritasatu.com: Nicholas Saputra - Apa Kita Korupsi?

BLOG Arantan: Film Kita VS Korupsi, rakyat pun juga turut kontibusi menghidupkan korupsi

kapanlagi.com: K vs K - Melawan Budaya Korupsil

kompas.com: Kita Versus Korupsi Gambaran Risiko Korupsi

tribunnews.com: KPK bareng TII Luncurkan Film Kita Versus Korupsi

detiknews.com: KPK Luncurkan Film Kita Versus Korupsi

thejakartapost.com: KPK Screens Antigraft Films

http://www.bisnis.com/articles/film-korupsi-koruptor-itu-tuna-nurani

vivanews.com: KPK Produksi 4 Film Pendek Tentang Korupsi

entertainment.ghiboo.com: Filmpun Kini Anti Korupsi

BLOG edorusyanto: Kita Versus Korupsi - Awas Korupsi Bisa Bikin Kecelakaan Jalan

seruu.com: Kita vs Korupsi - Omnibus - Empat Film Pendek Anti Korupsi

inilah.com: Film Kita Versus Korupsi Diputar Perdana

investor.co.id: Filmpun Menyentil Korupsi

thejakartaglobe.com: Indonesia's Culture of Corruption Exposed on Film

antaranews.com: Berantas Korupsi Lewat Film Kita VS Korupsi

Banjarmasin Post: KPK Luncurkan Film Anti Korupsi

filmindonesia.or.id: K VS K - Omnibus Melawan Korupsi

1 komentar:

Jujurlah, karena selain sabar, orang jujur disayang Tuhan!