Jumat, 09 Januari 2009

You Can Do It Girl!!!

Friday, May 02, 2008

Mungkin bisa dibilang kalau sebenernya aku ini kurang suka nulis. Tapi anehnya mayor yang aku ambil di FFTV IKJ tempat aku kuliah, adalah penulisan scenario. Itu berarti aku memilih karirku sebagai penulis scenario dibidang film. Haha… lucu kan?! Nggak suka nulis tapi jadi penulis scenario?! Well, ini bukan suatu keterpaksaan, tapi hal ini tantangan bagi aku mengingat ketika kelas 1 SD, aku dijuluki ‘keong jepang’ oleh salah satu guru bahasa indonesiaku karena kelambananku dalam menulis. Ketidak sukaanku untuk menulis hanya karena kemalasanku. Yeah… exactly, aku tuh orangnya ‘pemales’ banget. Pinginnya enak sendiri. Haha… tapi… menurutku bukan aku aja yang seperti itu. Beberapa orang pasti seperti itu!

Seperti kata pepatah, dimana ada kemauan, pasti ada jalan, ya kan? But anyway, aku suka hal yang berhubungan dengan film. Menurutku menulis scenario itu seperti membuat design sebuah cerita yang nantinya akan direalisasikan menjadi gambar visual yang menarik. Beda loh sensasinya sama nulis buku atau sekedar artikel. Aku mengalaminya bebearapa kali. Ada rasa puas dan tidak puas tersendiri. (Tapi banyak nggak puasnya sih! Haha…)

Ehm… begini, keputusanku untuk memulai menulis blog kembali yaitu setelah aku membaca sebuah artikel yang menuntut seorang penulis haruslah banyak menulis dan membaca! Hmmm… sebenarnya hal itu sering aku baca dan aku dengar ketika aku ingin tahu tips para penulis handal, baik penulis scenario, novel, bahkan copywriter sekali pun. (Hehe… Soalnya aku lagi ngincar profesi sebagai coywriter buat iklan). Tapi menurutku, bukan cuma bakat nulis aja, tapi wawasan pun harus luas. Jujur aja, wawasanku soal dunia ini cukup kurang. Yeah… bisa dibilang karena aku besar di kota yang dulunya segalanya serba terbatas.

Yang pasti itu dulu. Sekarang sudah pasti berubah. Banyak media yang bisa aku jadikan sarana informasi untuk menambah wawasanku, seperti TV, media cetak, internet, dan film. Aku bisa belajar lebih banyak dari sana. Apalagi film. Walau sebagian film adalah fiksi belaka, tapi film sangat efektif memotivasi aku untuk mengetahui lebih banyak hal-hal yang belum atau baru aku ketahui. Hal ini menantang bagiku untuk membuat ide cerita yang lain dari pada yang lain.

Interpretasi terhadap orang lain, itu yang kini mulai aku pelajari. Belajarnya bisa dari mana aja! Bisa dari baca buku, bergaul dengan siapa saja, dan browsing internet! Beruntung banget ya, jaman sekarang udah ada internet. Nggak rugi loh browsing sana-sini. Alhasih, aku bisa menambah wawasan sedikit lebih sedikit. Oya… nonton film juga! Kalau itu wajib buat aku.

Ok, yang penting sekarang aku mulai bergairah lagi untuk nulis. Mudah-mudahan ini nggak sekedar mood yang muncul lalu tenggelam lagi. (alias nggak cuma mudmudan aja). I choose my career and I’ll proof that! So, keep going girl!!! You can do it!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jujurlah, karena selain sabar, orang jujur disayang Tuhan!